Wednesday, October 1, 2008

LAPORAN KETUA STT JAFFRAY PADA WISUDA 2008

Kepada Yth.

Bapak Koordinator Kopertis Wilayah IX
Bapak Direktur Pendidikan Dirjen Bimas Kristen Departemen Agama RI
Bapak Pembimas Kristen Depag Prov. Sulsel
Ketua Umum GKII dan BPH di Jakarta
Ketua Yayasan Pendidikan Jaffray

Para donatur dari lembaga gereja maupun individu-individu
Para pimpinan lembaga dan gereja yang ada di kota Makassar
Para wisudawan/I yang berbahagia bersama orang tua wali dari berbagai tempat
Serta hadirin yang kami hormati

Selamat pagi dan Salam sejahtera,

Segala puji dan syukur kami naikkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena pada hari ini kita dapat mengadakan wisuda sarjana yang ke 34 dan pascasarjana ke 20. Adapun jumlah wisudawan tahun ini adalah sebanyak 78 orang yang terdiri dari 10 program S2 dan 68 program S1. Perlu kami sampaikan bahwa program S1 STTJ telah terakreditasi oleh BAN PT dan mendapat perpanjangan izin penyelenggaraan. Sedangkan untuk program S2 kami mendapat izin penyelenggaraan dan terakreditasi oleh Departemen Agama RI.

Wisuda kali ini terasa sangat istimewa karena Ketua Yayasan Pendidikan Jaffray, Ibu Merry Tjandra telah berhasil menyelesaikan pendidikan S2 yaitu Magister Sains Teologi. Kami keluarga besar STTJ menyambut hangat momen yang istimewa ini.

Tetapi ada satu yang lebih istimewa lagi, bahwa pada wisuda kali ini kami dikunjungi oleh Bapak Dirjen Bimas Kristen Depag RI dari Jakarta. Adalah suatu kehormatan bagi kami Bapak dapat memberikan orasi ilmiah pagi ini. Untuk itu atas nama civitas akademika STT Jaffray mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan kesempatan memberikan orasi ilmiah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan kami melaporkan secara garis besar perkembangan STT Jaffray selama kurun waktu satu tahun ini. Laporan berkalanya telah kami pertanggungjawabkan secara rutin kepada pihak penyelenggara, di mana terakhir kami melaporkan pada Rakernas Gereja Kemah Injil Indonesia bulan April tahun 2008 di Cicurug-Jabar. Pada kesempatan ini perlu kembali kami menjabarkan secara garis besarnya saja untuk dapat diketahui oleh para hadirin sebagai bagian pertanggungjawaban kami kepada masyarakat pengguna (stake holder) yaitu gereja dan masyarakat.

I. Bidang Akademik

  1. Jumlah keseluruhan mahasiswa tahun ini sebanyak 415 orang dengan jumlah MABA tahun ajaran 2008/2009 dengan perincian sebagai berikut:

PROGRAM S1

a) MABA : 59 orang

b) Mahasiswa S1 : 325 orang

PROGRAM S2

a) MABA : 41 orang

b) Mahasiswa S2 : 103 orang

  1. Asal mahasiswa umumnya berasal dari Indonesia Timur, di mana asal gereja mahasiswa bersifat interdenominasi. Ada 39 denominasi gereja asal mahasiswa, namun gereja dengan utusan terbanyak masih Gereja Kemah Injil Indonesia yang adalah penyelenggara sekolah ini.
  2. Pada tanggal 9-11 September 2008 kami telah dikunjungi Tim Akreditasi dari BAN PT. Kami berharap bahwa akreditasi yang ketiga ini pun sekolah kami akan mendapat akreditasi dari BAN PT.
  3. Pada bulan Agustus juga, kami telah menerima surat perpanjangan izin penyelenggaraan program S1 Teologi dari Dikti Depdiknas RI. Itu berarti bahwa program pendidikan kami di mata pemerintah telah memenuhi standar pendidikan di Indonesia.
  4. Program S1 Teologi dengan konsentrasi PAR (Pendidikan Anak dan Remaja) telah memasuki tahun kedua dan kami masih dalam pembenahan. Untuk itu kami mengangkat Elisabet Selfina Ronda sebagai dosen bidang PAK dan PAR untuk membesarkan program ini. Program ini juga akan dibantu seorang alumni yang setia yaitu Ibu Melly Lunanta, SPAK.

II. Pengembangan Sumber Daya Manusia

    1. Dosen yang Dikuliahkan dan masih studi

1) Pdt. Made Astika mengambil program Ph.D atau S3 di ACTS Korea dengan dukungan biaya kuliah dari Onnuri Church Korea.

2) Pdt. Jermia Djadi mengambil program D.Th./S3 di IFTKJ Jakarta di mana beliau dalam proses penyelesaian disertasi.

3) Pdt. Ivan Weismann mengambil program S3 di Universitas Hasanuddin dan sedang dalam ujian proposal disertasi.

4) Ev. Weslly Penias telah selesai mengambil program S2 bidang Antropologi di Universitas Hasanuddin dengan gelar M.Si. (sudah diyudisium), dan akan diwisuda pada bulan Desember 2008.

    1. Karyawan yang dikuliahkan dengan tujuan meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah adalah Marthen Tolong yang mengambil S1 Jurusan Komunikasi di Universitas Hasanuddin.
    2. Pada tahun-tahun ke depan, kami akan terus meningkatkan SDM baik tenaga pengajar maupun staf pendukung pendidikan.

III. Pembangunan Sarana dan Prasarana

Tahun ajaran 2007/08 ini kami telah berhasil membangun student center dan asrama tambahan yang memakan biaya kurang lebih Rp.65.000.000,- rupiah.

Kami mendapat kursi baru dari Yayasan Pendidikan Jaffray dalam hal ini Ibu Merry Tjandra sebesar Rp. 40.000.000,-

Perpustakaan telah full AC dengan digabung dengan lab komputer, di mana nantinya lab ini akan memiliki fasilitas internet ke depannya.

Pengadaan dan modernisasi fasilitas pendidikan akan menjadi prioritas tahun 2009 yaitu penataan kelas dan penambahan LCD di tiap kelas. Tahun ini kami baru memiliki satu kelas dengan fasilitas tersebut.

IV. Kerjasama dan MOU

STT Jaffray mengadakan kerjasama dengan berbagai institusi sebagaimana menjadi kewajiban sebuah perguruan tinggi yang bermutu:

  1. LK3 Jakarta yang dipimpin oleh Pdt. Julianto Simanjuntak, M.Div. bersama membuat layanan program profesional Konseling.
  2. Onnuri Church Korea yang ada di Sydney telah mendukung 20 orang untuk mendapat beasiswa pada program S1. Dan gereja ini akan terus memberikan beasiswa program Ph.D atau setara S3 kepada dosen-dosen setelah Pdt. Kadek Astika menyelesaikan studinya.
  3. CMA akan mendukung terus dalam program anak dan tahun depan akan ada seorang dosen yang akan diutus sekolah di Malaysia Baptist Theological Seminary dalam bidang Child Holistic Development.
  4. Departemen Agama RI akan membantu STTJ dalam hal peningkatan kualitas guru agama yang dari PGA dan Diploma menjadi S1 sebanyak 50 orang. Hal ini sedang dalam proses pematangan di Jakarta.

V. Bidang Keuangan

  1. Secara mayoritas keuangan masih bersumber dari mahasiswa. Namun dukungan secara pribadi dan lembaga mulai meningkat. Untuk itu kami melaporkan bahwa sinode-sinode telah mendukung yaitu GKKA, GKI, GKY, GII Hok Im Tong, GKA Elyon Surabaya dan juga pribadi-pribadi dalam rangka perbaikan infrastruktur baik dari kota Makassar maupun Surabaya, sehingga kami bisa melangkah dengan iman ke depan.
  2. Kami terus mengembangkan program beasiswa di mana kami mendapat bantuan dari Kopertis Wilayah IX, Onnuri Church, dan lembaga lainnya.
  3. Kami mengucapkan terima kasih bahwa laporan keuangan kami selalu mendapat pemeriksaan dari Akuntan Publik Harly Weku dan juga membantu dalam pengaturan pembayaran pajak. Ini membuat sistem keuangan kami dapat dipertanggungjawabkan secara transparan. Kami mengucapkan banyak terima kasih.

VI. HIBAH

STT Jaffray mendapat hibah sebidang tanah seluas 1.500m2 dari suatu perusahaan pengembang di daerah Moncongloe, Kabupaten Maros. Tanah ini sebagai bonus karena pribadi-pribadi dosen dan anggota yayasan membeli kavling tanah. Tanah ini masih atas nama Daniel Ronda dan akta jual beli disimpan dalam arsip sekolah. Dan untuk ke depan, bila sertifikat sudah ada akan diserahkan kepada GKII.

VII. Rencana 2009-2010

  1. Mengadakan renovasi gedung-gedung yang telah usang.
  2. Pengembangan fasilitas kampus dan memodernisasi perpustakaan.
  3. Pengembangan

VIII. Hal-hal yang Belum Dapat Berjalan

1. Program perkuliahan praktis berbahasa Mandarin yang dirancang belum berjalan karena kekuarangan SDM.

2. Program pembangunan guest house tambahan yang baru dan modern.

3. Program bidang penelitian yang masih kurang.

Untuk itu kami mohon dukungan doa kita sekalian.

Demikian garis besar laporan kami untuk tahun ini. Dan kami berharap dukungan doa untuk program yang telah disusun ke depan. Karena tanpa dukungan stake holder, maka rencana tidak akan terwujud.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan sekaligus memberikan orasi ilmiah. Adalah satu kehormatan bagi kami atas kehadiran Bapak di kampus yang tidak asing lagi buat Bapak. Kami sungguh terus mengharapkan pembinaan dan dukungan dari Departemen Agama kepada sekolah kami.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dan Ketua Yayasan Pendidikan Jaffray yang telah mendukung secara riil pengembangan STT Jaffray. Adalah suatu kegembiraan ternyata kerjasama yang terjalin sangat baik dan erat.

Terima kasih kepada BPP GKII yang telah menghadiri acara kami dan mendukung segala program kami dan menerima semua pertanggungjawaban kami.

Ucapan terima kasih secara khusus kami berikan kepada Bpk. Ir. Christian TS, seorang majelis gereja GKKA yang atas nama GKKA Jemaat Ujungpandang mempersembahkan sebuah lukisan Dr. R.A. Jaffray. Lukisan ini menyimbolkan bahwa GKKA dan STT Jaffray memiliki akar yang sama yaitu didirikan oleh R.A. Jaffray. Oleh sebab itu di kemudian hari kiranya kerjasama tetap berlanjut.

Terima kasih kami kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di sekolah ini. Kami berharap bahwa harapan Bapak Ibu terwujud dalam diri anak-anak bapak/ibu yaitu menjadi profesional yang berhasil dalam bidangnya.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil mencapai kesarjanaannya. Kesarjanaan ini unik, karena bukan hanya menuntut keterampilan, namun harus memiliki karakter yang seperti Kristus. Oleh sebab itu pertahankan integritas dan kembangkan diri. Jangan pernah menyerah. Selamat Jalan.

Demikianlah laporan kami. Tuhan memberkati kita semua.

Makassar, 20 September 2008.

Ketua,
Pdt. Dr. Daniel Ronda, Th.M.

18 comments:

  1. Howdy! I underѕtand this iѕ sοmеwhat оff-topiс hοwever I
    needed to ask. Doеs οperating a well-established
    websіte such as yours takе a lot of worκ?
    I'm completely new to blogging however I do write in my diary on a daily basis. I'd likе to stаrt а blоg so Ι wіll bе able to share
    mу оwn exρerience аnd ѵiewѕ οnline.
    Please let mе know if yοu have anу ѕuggestions
    oг tіps for brand new asρiring bloggers.
    Thanκyou!

    Here is my website: mqi
    My web-site ... xll

    ReplyDelete
  2. Post writing is also a excitement, if you be familiar with then you can write otherwise it is difficult to write.


    my webpage :: xqm
    My web blog : pnm

    ReplyDelete
  3. If some one needs to be updated with hottest technologies then he must
    be pay a visit this site and be up to date everyday.

    My homepage: mrh

    ReplyDelete
  4. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and
    in accession capital to assert that I get in fact enjoyed
    account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.


    my weblog http://getfollowersa.yolasite.com/blog.php

    ReplyDelete
  5. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually
    something that I think I would never understand. It seems too complex and extremely broad for me.
    I'm looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!


    Here is my web blog - marketing through twitter

    ReplyDelete
  6. If you desire to take a good deal from this article then you have to apply
    such techniques to your won weblog.

    My weblog ... is pinterest social media

    ReplyDelete
  7. whoah this blog is fantastic i like reading your articles.
    Keep up the good work! You recognize, a lot of people are searching around for this info, you can aid them greatly.


    my webpage: 10000 twitter followers
    My website > twitter 10000 followers

    ReplyDelete
  8. I am now not positive where you're getting your info, but great topic. I needs to spend some time studying more or understanding more. Thank you for wonderful info I used to be on the lookout for this information for my mission.

    My website ... slideshare.net
    My page: voyance

    ReplyDelete
  9. Hi to every , since I am actually eager of reading this webpage's post to be updated regularly. It contains nice material.

    My webpage ... aaa fx

    ReplyDelete
  10. Thank you, I have reсently beеn searching
    fоr information about this toρic for a long time
    anԁ yours is the best I have camе upοn so
    far. But, what іn regards to the conclusion? Αre you positive соncerning the supрly?


    Feel free to vіsit my webpage: meuble de salle de bain

    ReplyDelete
  11. I thinκ thіѕ is one of the most important
    info for mе. Аnd і am glad reading your aгtiсlе.
    But shoulԁ rеmаrk on sоme general thingѕ, The web site ѕtуlе іѕ great, the
    articles is really еxсellent : D. Good јob, сheеrs

    My page :: Disque Dur SSD

    ReplyDelete
  12. Very good info. Lucky me I came across your blog by chance (stumbleupon).
    I've book-marked it for later!

    Feel free to surf to my homepage; Voyance gratuite

    ReplyDelete
  13. We're a bunch of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your site offered us with helpful information to work on. You have done a formidable job and our entire group will be thankful to you.

    my web site how to get pregnant

    ReplyDelete
  14. Thank you for the auspicious writeup. It in reality was a
    enjoyment account it. Look complicated to more
    introduced agreeable from you! However, how could we communicate?


    My blog Rolland Garros

    ReplyDelete
  15. Yes! Finally someone writes about roland garros 2011 draw.


    Also visit my web page Rolland Garros

    ReplyDelete
  16. This design is steller! You most certainly know how to keep
    a reader entertained. Between your wit and your videos,
    I was almost moved to start my own blog (well, almost.
    ..HaHa!) Wonderful job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

    Here is my blog post; maquillage pas cher

    ReplyDelete
  17. Hmm it looks like уour blοg ate my firѕt commеnt (іt was ѕuper long) sο I guess I'll just sum it up what I had written and say, I'm thoгoughly enjoying уour blog.

    I too am an aѕрiгіng blog ωriter but I'm still new to the whole thing. Do you have any tips and hints for novice blog writers? I'd genuіnely appreciate
    it.

    My webρаge :: devis fenetres

    ReplyDelete
  18. Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you're just too great. I actually like what you've acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it.
    You make it entertaining and you still care for to keep it smart.
    I cant wait to read far more from you. This is
    really a wonderful web site.

    Look at my page - voyance

    ReplyDelete